• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Friday

Bumbu Dapur Ini Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan

Angel Miki

Hati-hati bagi kita para pecinta makanan berlemak, karena jenis makanan tersebut merupakan faktor resiko utama penyakit kardiovaskular. Disamping itu, makanan berlemak dapat menyebabkan berat badan meningkat, diabetes, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan penyakit berbahaya lainnya. Bagaimanapun juga, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh haruslah seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak. Kabar baiknya, kemungkinan buruk tersebut dapat kita kurangi, dengan salah satu bumbu dapur. Selain harganya yang murah, bumbu dapur ini dapat dengan mudah kita temukan di warung.

Bumbu dapur hebat yang ampuh untuk menurunkan berat badan ini adalah kayu manis. Kayu manis adalah bumbu yang termasuk dalam rempah-rempah, yang memiliki rasa hangat dan manis ketika masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Kayu manis kaya akan zat besi, kalsium dan serat. Sejak abad pertengahan, kayu manis digunakan untuk menyembuhkan diare, gangguan pencernaan dan kembung, serta membantu mencegah penyebaran sel kanker dan membantu memulihkan kita dari infeksi bakteri.

Kayu manis mengandung polifenol, memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, dapat mengurangi beberapa faktor resiko penyakit yang berhubungan dengan jantung karena pola makan yang buruk.

Oleh karena kayu manis menurunkan kadar gula darah, rempah ini bermanfaat bagi pasien diabetes tipe 2 dan jantung. Kadar gula darah yang  tinggi dapat meningkatkan timbunan lemak di tubuh. Hebatnya, kayu manis dapat mencegah terbentuknya timbunan lemak sehingga dinilai ampuh untuk menurunkan berat badan lho, meskipun hasilnya tidak bisa terlihat instan dan tidak permanen. Diet yang sehat kan butuh proses bro sist :)

Cara Mengkonsumsi Kayu Manis

Photo & resep by Mikimoow
Tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi kayu manis, khususnya bagi Anda yang ingin meminimalisir resiko diabetes dan ingin diet. Cobalah untuk mengkonsumsiselama beberapa bulan, dan lihat sendiri hasilnya. Lagipula, ini merupakan alternatif diet yang mudah dan murah. Berikut beberapa cara mengkonsumsi kayu manis yang pernah saya lakukan. Rasanya nikmat dan saya suka aromanya. Selain wanginya menggoda selera, kayu manis juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir, dan menurunkan kadar lemak.

1.   Tambahkan kayu manis ke teh herbal atau kopi pagi.
2.  Tambahkan satu sendok teh kayu manis bubuk ke sereal atau oatmeal, taburi buah pisang atau buah alpukat (buah yang sesuai selera), dan tambahkan madu. (saya paling suka yang ini)
3.  Taburkan kayu manis bubuk diatas roti panggang
4.  Membuat apple pie dengan menambahkan kayu manis bubuk menambahkan cita rasa yang lezat dan aroma yang menggugah selera. Karena saya tidak punya oven, jadi saya bikin cinnamon apples roll (seperti foto diatas hehee). Rasanya nggak kalah sama apples pie :)
5.  Bisa juga ditambahkan ke jus buah.
6. Jangan lupa ketika kita memasak makanan berlemak tinggi, masukkan kayu manis ke dalam masakan tersebut.

Memasukkan satu sendok teh kayu manis ke dalam makanan setiap hari dapat mengurangi nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan bahkan lapisan lemak di sekitar perut.
Sebelum menggunakan, pastikan kayu manis yang kita gunakan masih segar. Nah, tapi jangan berharap kalau kayu manis bisa membantu menurunkan berat badan secara permanen. Semua harus disertai dengan pola hidup sehat yang seimbang, mulai dari makanan seimbang yang bergizi namun bebas dari lemak jenuh, istirahat teratur, olah raga, dan menghindari makanan cepat saji. 


Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan cerdas.