• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Tuesday

Pengalaman Memakai Wardah Renew You Anti-Aging Series

Angel Miki

Hii manteman! Nggak enak banget sebenarnya yaa kalau ngomongin masalah umur dan kerutan di wajah. Aiihh! Banyak hal yang bisa mengubah kulit kita menjadi keriput maupun cepat terlihat tua. Tapi satu hal yang nggak bisa kita ubah, yaitu proses penuaan alami. 

Walaupun sudah berusaha memakai skincare anti-aging ini itu,
menjalani gaya hidup sehat, tetap saja penuaan adalah fenomena yang pasti. Akan tetapi, karena banyak orang lain yang melihat hasilnya (di saya), jadi saya berani sharing pengalaman memakai Wardah Renew You Anti-Aging Series
Wardah adalah salah satu brand kecantikan terkemuka di Indonesia yang peduli dan mengerti keinginan setiap perempuan untuk memenuhi kebutuhan kosmetik yang aman dan bersertifikat halal. Ia juga berpegang prinsip pada 3 hal : murni dan aman, ahli kecantikan, dan kecantikan yang menginspirasi.
Tentu produk ini mencuri hati saya, apalagi di forum Female Daily banyak yang mengatakan bahwa sebagian besar produk Wardah aman untuk ibu hamil. Apa saja kelebihan dan bagaimana hasilnya di kulit wajah? Nah, di tulisan ini saya akan berbagi cerita sesuai dengan pengalaman pribadi saya yaa. 

Cerita ini tertulis gara-gara bermula dari ke-GR-an saya waktu mudik ke rumah mertua. LOL. 

“Istrinya mas Jaka (suami saya) itu masih muda yaa?” Begitulah celetuk yu Sar -asisten rumah tangga mertua saya – dari balik dapur sambil bisik-bisik. Sontak ibu mertua dan kakak ipar saya tertawa. 

“Enggak yaa. Itu mbak Miki udah 32 tahun. Selisih 2 tahun aja kok sama mas Jaka!” Jawab kakak ipar dengan cekikikan. 

Saya jamin deh, siapapun yang mengalami kejadiaan seperti diatas, mana mungkin bakal marah!! Yang ada, kita jadi gede kepala dan (bahkan) sombong. Eh..mitamit.. 

Apa yang menyebabkan beberapa orang salah menerka umur saya? Padahal udah diatas 30 tahun. Ahh, boong banget deh kalau saya bilang nggak pake apa-apa. Biar muka pas-pasan gini, saya juga skincare-an hehee. Apalagi setelah lulus SMA. Nah, apakah hasil penilain tersebut ada kaitannya dengan suatu produk skincare anti-aging, atau tentang bagaimana saya memperlakukan kulit wajah sejak dini? 

Entah, yang pasti saya rajin memakai pembersih dan pelembap dari waktu masih SMP. Kemudian mulai menggunakan anti-aging sekitar umur 25 tahun. Nama produk anti-aging pertama yang waktu itu saya pakai adalah Ponds Age Miracle Day Cream dan Night Cream. Tapi saya nggak akan bahas itu disini. 

Setelah kurang lebih 4 tahun pakai Ponds, saya balik lagi ke skincare sebelumnya (bukan anti-aging) yaitu Garnier Light Complete White Speed dengan alasan pengen keliatan lebih cerah. Pengalaman memakai rangkaian Garnier Light Complete White Speed juga sudah saya tulis dan bisa BACA DISINI. Tapi cuma pakai 1 tahunan, karena setelah mempertimbangkan manfaatnya ternyata saya prefer sama skincare anti-aging. 

Sekarang banyak pilihan skincare yang fokus mengatasi penuaan. Mulai dari brand lokal, Korea dan brand import lainya. Bahkan ada juga brand abal-abal yang ngakunya udah memiliki sertifikat BPOM. Harganya pun bervariasi. Nah, kita harus tahu nih hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli produk supaya nggak menyesal. Kayak saya, pertimbangannya lamaaa banget kalau mau beli barang, sebulan-dua bulan ada kali. 

Karena saya ingin kembali fokus pada pemecahan masalah penuaan kulit, akhirnya saya memilih Wardah Renew You Anti-Aging Series. Seluruh rangkaian ini mengandung Malus Domestica (apel) dan Phyto Cell Extract. Nggak pakai uji coba sampel dulu, saya langsung borong sepaket. LOL.


Mengapa saya memilih rangkaian Wardah Renew You Anti-Aging Series?


Karena produk Wardah terbuat dari bahan baku yang aman dan halal. Selain itu, brand lokal seperti Wardah ini kan memang khusus dirancang untuk daerah tropis. Dari segi harga, menurut saya masuk kategori mid range yaa. Jadi, saya pikir peluang kecocoknya lebih besar. 

Kok nggak di mix sama brand anti-aging lainnya? Menurut saya, menggunakan beberapa produk anti-aging dengan brand yang berbeda-beda dalam waktu yang bersamaan justru dapat membuat kulit iritasi. Ketika kulit teriritasi, tanda-tanda penuaanpun makin terlihat. 

Apa Saja Rangkaian Paket  Wardah Renew You Anti-Aging?


Wardah Renew You Anti-Aging Facial Wash 


“Renew You Anti Aging Facial Wash pembersih wajah lembut yang dilengkapi AHA. Produk Inovatif untuk merawat kulit wajah yang mengalami tanda-tanda penuaan. Mampu menyegarkan kulit wajah, mencerahkan, mengangkat kotoran dan sisa make-up, minyak berlebih, menjaga kelembaban kulit, sekaligus mengangkat sel kulit mati.” – Wardah. 

IDR 30.000-an (ukuran 100 ml)

Warna sabunnya transparan mirip gel, tanpa scrub, lembut banget saat dipakai, dan tidak mengandung banyak busa. Saya sukak, karena mengandung AHA alhasil nggak bikin kulit muka saya jadi kering. Setelah menggunakan facial wash ini, kulit saya jadi lebih halus saat disentuh dan lembab tentunya.

Namun, menurut saya ada kekurangan dari produk ini. Facial wash ini menurut saya tidak cukup sempurna dalam mengangkat kotoran di wajah saya. Terbukti setelah mencuci muka, saya lanjutkan dengan mengusapkan toner menggunakan kapas, hasilnya kotor.

AHA atau Alpha Hydroxy Acid merupakan senyawa asam yang terbuat dari zat alami buah-buahan manis. AHA berfungsi untuk eksfoliasi, dimana eksfoliasi adalah bagian penting dari rutinitas perawatan kulit yang baik. Sel-sel kulit mati akan terkelupas dan diganti dengan sel-sel kulit yang baru juga pori-pori jadi bersih. 

Selain itu fungsi utama dari AHA antara lain membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi ringan seperti flek hitam, melasma, dan bekas jerawat/luka, pori-pori besar, garis-garis halus dan kerutan, dan warna kulit yang tidak merata. 

Sehingga dengan pemakaian produk yang mengandung AHA maka akan meningkatkan aliran darah dan meningkatkan produksi kolagen. Masuk akal jika kulit akan terlihat lebih muda, lebih sehat bercahaya, dan bebas kusam. 

Kandungan AHA banyak ditemukan pada produk skincare untuk kulit kering dan produk anti-aging. Karena memiliki komponen pelembap dan larut dalam air, jadi AHA ini akan menghidrasi dan menyegarkan kulit wajah, mencerahkan, mengangkat kotoran dan sisa make-up.
Dalam daftar ingredients produk, biasanya AHA ditulis : Glycolic Acid, Lactic Acid, Mandelic Acid, Citric Acid, atau Malic Acid. Sedangkan BHA biasanya ditulis : Salicylic Acid. 
Meskipun mengandung bahan eksfoliasi kimia (yaitu AHA), namun konsentrat pada facial wash ini rendah sehingga aman digunakan setiap hari. Sedangkan eksfoliasi mekanik seperti scrub cukup dilakukan 2 kali dalam seminggu. 

Wardah Renew You Treatment Essence 


“Essence yang mengembalikan kelembaban kulit agar selalu terasa kencang, elastis, dan bercahaya tanpa kusam dengan Malus domestica (Apple) PhytoCell Extract. Menyamarkan garis halus dan keriput yang mulai muncul di usia 20-an dengan Argireline Peptide.” – Wardah 

IDR 80.000-an (ukuran 50 ml)

Ini bukan serum yaa, tapi essence. Wardah Renew You Treatment Essence tersedia 2 ukuran yaitu 50 ml dan 100 ml. Teksturnya bening dan seperti air. Saya hanya menuangkan essence cukup dengan 4 tetes ke telapak tangan. Kemudian saya usap dengan tiga jari lalu tepuk-tepuk di wajah dan leher. Agar essence meresap sempurna, saya melakukan pijatan ringan ke wajah sebentar, setelah itu saya diamkan 1-2 menit.

Waktu dipakai nggak lengket karena seperti air, segar dan kulit muka lebih halus lembut saat disentuh. Pemakaian essence saya terapkan sebelum memakai pelembap (day cream dan night cream). 

Saya beli yang 50 ml terus, karena kalau yang 100 ml takutnya terlalu lama habis. Pertimbangan saya adalah supaya kandungan essence nya tetap terjaga dari oksidasi berlebih, dan menghindari aroma yang 'tengik'. Satu botol essence yang ukuran 50 ml ini bisa saya gunakan selama 4 bulan lebih sedikit.

Kira-kira dalam waktu 4 bulanan kulit saya memang jadi terlihat lembab dan lebih bagus dibandingkan sebelumnya. Trus lumayan kencang dan nggak kusam. Uhuuyy! Pantesan kok orang-orang pada bilang saya ini masih muda. Yaa emang kali, saya masih muda kok. Baru juga 32 tahun haha! 

Sedangkan untuk garis halus dan keriput, alhamdulilah saya merasakan perubahannya meskipun nggak drastis. Garis halus dan keriputnya berkurang, bukan hilang begitu aja yaa. Karena sejatinya hanya software editing foto yang bisa menghilangkan garis halus dan keriput. LOL. 

Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum 


“Serum dengan lebih dari 10 bahan aktif untuk membantu mengatasi 10 tanda penuaan. Kandungan ekstrak stem sel apel (Malus Domestica) membantu melindungi sel-sel kulit yang paling berharga, skin stem cell, dalam melawan penuaan dini dan 5 Botanical Extracts akan membantu proses eksfoliasi kulit dan menstimulasi pembaharuan sel.” ~ Wardah 

IDR 70.000-an (ukuran 17 ml)

Apa bedanya essence dan serum? Essence hampir mirip dengan serum, akan tetapi tidak sama dari segi fungsi. Tekstur essence lebih cair. Mengandung bahan aktif namun konsentratnya lebih rendah dari serum, berguna melembabkan kulit dari dalam. 

Sedangkan tekstur serum lebih kental menyerupai gel. Serum berfungsi untuk mengatasi masalah kulit yang lebih spesifik, seperti warna kulit kusam, flek-flek, atau garis/kerutan halus. Kadar konsentrat serum lebih tinggi dibandingkan dengan essence, mengandung sejumlah bahan aktif yang mampu meresap jauh ke dalam kulit. So...manfaat dan efeknya juga lebih dahsyat daripada essence maupun pelembab/moisturizer. 

Nah, tapi nih, kalau jenis kulitnya cenderung sensitif dan kebetulan konsentrat bahan aktif di dalam suatu serum itu lebih tinggi, maka bisa bikin kulit jadi iritasi (seperti kemerahan, gatal, atau berjerawat). Buat kamu yang kulitnya sangat sensitif, lebih baik menggunakan essence ketimbang serum. 

Saya hanya sekali membeli serum ini (saat pertama kali menggunakan rangkaian Wardah Renew You Anti-Aging, akhir tahun 2017). Barangkali, serum ini cukup keras untuk muka saya. Alhasil wajah saya malah tumbuh jerawat kecil-kecil yang semakin hari bertambah (efek yang dahsyat). LOL. Belum sampai setengah botol, saya stop pemakaian serum ini. 

Selang beberapa bulan, saya iseng lagi lanjutin sisa serum yang ada. Berharap kali itu hasilnya cocok. Baru pakai 3 harian,, yaahh…jerawatan lagi deh. Walaupun sudah saya atasi selama beberapa hari dengan eucalyptus oil / minyak eucalyptus, jerawatnya super ngeyel. Akhirnya saya stop pemakaian serum sampai sekarang, dan kulit mulus-mulus aja. Hmmm. Sebagai gantinya serum, saya memakai essence yang kandungannya lebih ringan sehingga lebih aman dan cocok untuk kulit saya. 

Gunakan serum ini secukupnya ke wajah dan leher pada malam hari sebelum menggunakan krim malam. 

Wardah Renew You Anti-Aging Eye Cream 


“Bekerja secara spesifik dan inovatif membantu merawat area mata agar tampak lebih muda dan cerah. Dikombinasikan dari bahan aktif terpilih yaitu Malus Domestica (Apple) PhytoCell Extract, Nutriple Active, Vitamin B3, dan Hyaluronic Acid) bantu menyamarkan tanda-tanda penuaan dia area mata, kerutan, garis-garis halus, kulit kering, kantung mata, noda hitam, dan warna kulit yang kusam.” ~ Wardah. 

IDR 80.000-an (ukuran 10 ml)

Meskipun krimnya berwarna putih, tapi saya suka sama tekstur dan hasil akhir dari krim mata ini. Nggak berminyak di area mata, cepat meresap dan nggak nge-blok ketika udah ditampolin pakai bedak. 

Menurut hasil pemantauan secara obyektif, eye cream ini nggak memberikan hasil yang instan di lingkar mata saya. Apalagi mata saya ini udah kaya panda, jadi butuh waktu lebih dari 1 tahun baru kelihatan hasilnya. Garis-garis halus di bawah dan disudut mata lumayan memudar, tapi belum 100%. Mata pandanya juga baru berkurang dikit. Yaa, produk yang aman biasanya nggak akan memberikan hasil yang instan. Jadi, saya telatenin aja.

Harga eye cream anti-aging ini lumayan untuk ukuran 10 ml, dipakai 2 bulanan cukup.

Eye cream ini dioleskan di step akhir, yaitu setelah pakai Wardah Renew You Anti Aging Night Cream. Kalau di official web Wardah sih sarannya cukup digunakan 2-3 kali dalam seminggu. Tapi, saya pakainya tiap malam, kalau nggak ketiduran sih hehehee. 

Wardah Renew You Anti Aging Day Cream

SPF 30, PA +++ 


“Anti Aging Multiaction Cream dengan SPF 30 PA+++ untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV A dan UV B, Advanced RecoverAge System membantu melawan berbagai tanda penuaan dini. Dilengkapi dengan Advanced Moisturizing Complex untuk melembabkan, Peptide untuk stimulasi pembentukan kolagen, serta Vitamin E dan Resveratol sebagai antioksidan alami.” ~ Wardah.

IDR 45.000-an (ukuran 17 ml)

Sebagian besar produk skincare anti-aging memiliki kandungan AHA. Saat kita menggunakan produk yang mengandung AHA, kulit kita jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Maka wajib hukumnya memakai sunscreen atau moisturizer yang mengandung SPF. But, perlu diingat...jangan mentang-mentang udah pakai SPF tinggi terus bisa dengan pedenya berada dibawah sinar matahari terlalu lama. Malah justru bahaya buat kulit itu mah. 

Krim pagi anti-aging ini membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV A dan UV B (SPF 30 PA+++). Tekstur krimnya nggak terlalu encer maupun kental, dan memiliki kesan satin. Warnanya putih, tapi ketika udah diaplikasikan ke wajah dan leher, terlihat transparan. Formulanya sangat ringan dan nyaman dipakai sehari-hari. Dan kelembaban kulit saya jadi tahan lebih lama. Saya cocok pakai anti-aging day cream ini. Sebab kulit saya kombinasi dan kadang cenderung kering. 

Cukup oleskan tipis merata pada wajah & leher yang telah dibersihkan. Biarkan 1-2 menit sebelum memakai bedak, supaya krimnya meresap dulu. 

Wardah Renew You Anti Aging Night Cream 


” Advanced RecoverAge System memberi perlindungan kulit wajah bahkan di saat tidur. Dilengkapi dengan 5 Botanical Extracts untuk membantu proses eksfoliasi kulit dan menstimulasi pembentukan kolagen. Kulit wajah pun akan terasa kencang, tampak lebih cerah dan tampil lebih muda.” ~ Wardah.

IDR 45.000-an (ukuran 17 ml)

Jangan sepelekan yang namanya krim malam. Kulit kita bekerja secara berbeda di siang dan malam hari. Saat siang kulit kita bekerja untuk melindungi diri dari radikal bebas seperti sinar UV, polusi, dll.

Krim malam sangat membantu kulit secara alami membersihkan kotoran dari wajah, mencegah jaringan dari kerusakan, memperbaiki dan meregenerasi sendiri saat kita bobok syantikh. Saat itulah aktivitas metabolisme sel-sel kulit mencapai puncaknya. Itulah kenapa jika kita rutin menggunakan krim malam dapat meningkatkan proses perbaikan kulit.

Percaya deh, manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Kulit jadi lembab, lebih halus, warna kulit jadi merata, kerutan serta garis halus berkurang, dan wajah jadi lebih cerah (bukan putih). Kalau kamu males pakai krim malam, berarti kamu melakukan kesalahan yang besar. LOL. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita nggak perlu menggunakan berbagai brand produk anti-aging secara bersamaan. Takutnya nanti malah komplikasi di kulit. Menurut saya, satu - dua brand sudah cukup. Yang penting disesuaikan dengan kebutuhan kulit dan kemampuan isi kantong hehee. 

Urutan penggunaan rangkaian Wardah Renew You Anti-Aging (pagi hari) 

Mungkin ada yang masih bingung gimana urutan pemakaian produk ini. Mudah-mudahan tips dibawah ini membantu yaa.
  1. Bersihkan wajah dan leher dengan Wardah Renew You Facial Wash (bersamaan pada saat mandi atau cuci muka malam hari).
  2. Tuangkan essence secukupnya ke telapak tangan. Usap dengan tiga jari lalu tepuk-tepuk di wajah dan leher. Ulangi teknik ini sampai essence di telapak tangan habis. *Saya pakai 4 tetes sudah cukup.* Pijat wajah sebentar kemudian diamkan 1-2 menit supaya essence meresap sempurna. 
  3. Oleskan tipis-tipis Wardah Renew You Anti Aging Day Cream SPF 30, PA +++ ke wajah dan leher secara merata. Diamkan 1-2 menit, baru kemudian memakai bedak. 

Urutan penggunaan rangkaian Wardah Renew You Anti-Aging (malam hari) 

  1. Bersihkan wajah dan leher dengan Wardah Renew You Facial Wash.
  2. Tuang essence secukupnya ke telapak tangan, usapkan dengan tiga jari lalu tepuk-tepuk di wajah dan leher. Pijat wajah sebentar kemudian diamkan 1-2 menit supaya essence meresap sempurna.
  3. Lanjutkan dengan mengoleskan serum secukupnya ke area wajah dan leher sambil dipijat. 
  4. Setelah serum meresap dengan baik, aplikasikan tipis-tipis Wardah Renew You Anti Aging Night Cream. 
*   *   *

Hasil yang maksimal tidak bisa terlihat hanya dalam hitungan hari. Sebagian besar produk yang ‘aman’ membutuhkan waktu minimal 6 minggu untuk bekerja di kulit kita. Bahkan hingga 3 bulanan baru  bisa terlihat hasilnya. Begitu juga dengan memakai Wardah Renew You Anti-Aging Series. Jadi, kuncinya kita harus mau sabar dan telaten dengan produk yang 'tidak instan'. 

Bukan cuma kita yang butuh kerja, skincare juga butuh waktu untuk bekerja. Kebanyakan orang berhenti pakai ketika dia nggak melihat hasil dalam waktu yang singkat seperti keinginan mereka. Bagi yang sabar maka akan merasakan manfaatnya dan Insyaallah enggak nyesel kaya saya deh.

Oh yaa, untuk menjaga kesehatan kulit jangan hanya mengandalkan skincare. Lifestyle hidup sehat juga harus diutamakan, khususnya perawatan dari dalam. Misalnya dengan memenuhi asupan nutrisi makanan dari sayur dan buah-buahan yang mengandung antioksidan. Kemudian olahraga ringan (nggak perlu nge gym atau aerobik hehe, jalan pagi selama 30 menit usahakan antara pukul 06.00 - 08.00 dan dilakukan seminggu 5 kali udah cukup.  Nggak usah ngoyo-ngoyo amat. LOL.

So, sejauh ini saya cocok memakai Wardah Renew You Anti-Aging Series sampai sekarang dan terbukti 80%! Meskipun ada kekurangan dari Wardah Renew You Anti-Aging Intensive Serum, yang mana bikin muka saya jerawatan dan cukup susah untuk diatasi.

Nah gimana, kamu tertarik mencoba nggak nih? Atau, manteman disini sudah ada yang pakai produk ini?


***Hasil tiap individu bisa berbeda-beda***



References :
Healthline | Prevention | Stylecraze | Sociolla | KlikDokter | Cosmopolitan |

Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com

26 comments:

  1. Kak.. Kulit ku kring.pakai facial wash jd mkn kering n kerutan banyak. Mngkin ne produk cck x ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo say! Kamu ada pakai produk yang beda brand nggak kak? Bisa jadi, kulitmu yang justru makin kering setelah pakai facial wash Wardah disebabkan karena komplikasi dari beberapa brand produk yang diaplikasikan ke wajah secara bersamaan.

      Untuk pemilik kulit kering, sebaiknya hindari produk skincare yang mengandung salicylic acid kak, mulai dari toner, pelembab, facial wash, serum, hingga bedak.

      Semoga info ini membantu yaa

      Delete
  2. Hai kak, aku tipe wajah sensitif. Udah pakai wardah renew you facial wash seminggu terakhir wajah aku kok teksturnya kasar banget ya. Gak ada jerawat tapi kasar gitu hehe
    Kira2 kenapa ya kak? Apa aku gak cocok pake wardah renew series?
    Thankyou~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai say. Bisa jadi karena nggak cocok. Dan bisa jadi karena komplikasi antara wardah renew you facial wash sama skincare yang kamu pakai.. :)

      Delete
  3. Makasih untuk review nya kak...seneng baca nya ...pengalaman sy pakai serum wardah renew you jg sama kak ...wajah sy gatal " & jerawatan jg ...jd sy hentikan pakai serum mya ...tp kalau yg lain nya cocok cocok aja ...sekali lg makasih ya kak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaloo.. Makasih kak udah meluangkan waktunya buat baca tulisan yg cuma seperti butiran debu ini ehehee.

      Wahh, kirain saya aja lho kak yang nggak cocok sama serumnya..

      Delete
  4. Hai kak..senang baca pengalamannya.. kalau aku suk bgt sama krim malamnya.. oh ya renew you ada sleeping mask nya juga jdi cukup bagus dipake abis krim malam 2 kl sepekan

    ReplyDelete
  5. Hai kak..senang baca pengalamannya.. kalau aku suka bgt sama krim malamnya.. oh ya renew you ada sleeping mask nya juga jdi cukup bagus dipake abis krim malam 2 kl sepekan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloaa kak, makasih lho udah bertamu ke blog ini.

      Iyaa harusnya memang wajib punya sleeping mask nyaa nih kak. Tapi apa daya, budget nya terbagi buat beli garam dapur...hiks hiks

      Delete
  6. Untuk pembersih hanya facial wash saja, menurut yg sy baca td kurang bersih. Bagaimana mengatasinya kak? Apa pakai milk cleanser dan toner dari seri yg lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Milk cleanser bisa kak. Tapi kalo aku lebih prefer pakai baby oil sebelum facial wash. Baby oil lebih maksimal buat mengangkat kotoran yang membandel.

      Delete
  7. Hai kak, saya baca utk lbh membersihkan wajah lagi kakak aplikasiin toner setelah face wash. Tapi gak dicantumin di urutan pemakaiannya. Apa kakak lupa atau gimana..

    ReplyDelete
  8. Pengen coba soalnya umur sudah kepala 3 dan flek hitam sudaj mulai muncul..hiikkkssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flek hitam emang bikin kesel yaa kak. Selamat mencoba kak, mudah-mudahan cocok yaa..

      Delete
  9. hai kak,usia saya juga 30an & nama suami saya juga jaka .
    saya pengguna setia produk wardah sejak 2012 sekarang saya cuma menggunakan facial wash wardah renew you saja & aloevera gel wardah plus moisturizer,setelah baca blog ini saya jadi tertarik untuk mencoba rangkaian renew you yg lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa...ternyata ada persamaan nama suami yaa hehehee.
      Selamat mencoba rangkaian Wardah Renew You Series lainnya yaa kak. Semoga cocok dan membuahkan hasil, biar suami juga makin cintrong.. :D

      Delete
  10. Hallo ka..
    Mkasih untuk reviewnya sgt membantu.
    Kira cocok gak ya pake paket anti aging wardah jika kulit saya berminyak dan sensitif??
    Mksih byk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentar yg terakhir sama dgn saya sampai ayah bingung pakai skincare apa? Usia udah 35 thn wajah sensitif dan berminyak

      Delete
  11. Saya juga baru coba pakai wardah renew you 2hari. Tapi saya tidak pakai wardah essense ,pakai serum aja karena baru tahu setelah baca artikel ini.
    Apa tidak apa2? Atau lebih bagus pakai wardah essense juga mba?

    ReplyDelete
  12. ka saya baru 4 bulan pakai products anti aging wardah kecuali essencenya aku ga pakai. tapi ada keluhan ka kenapa wajah yg tadinya tidak berminyak dan tidak berjerawat justru sebaliknya. Mohon saran ya

    ReplyDelete
  13. Hi... Miki.. Saya juga baru coba nich pakai wardah renew you Dan setelah baca blog kamu, kayanya masalah kita sama dech. Jerawat muncul setelah pakai serum. Saya mau Tanya... Jadi sampai sekarang Miki masih pakai serum itu atau gak sama sekali??

    ReplyDelete
  14. Halo kak,kl tuk wajah sensitif dan cenderung berminyak,cocok nggak ya pake rangkaian wardah Renew you

    ReplyDelete
  15. amankah untuk ibu hamil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, Inshaallah aman. Karena produk-produk dari Wardah diklaim aman untuk bumil dan busui

      Delete
  16. Hallo mbk....saya sudah 2 bulan pemakaian nich mbk,,tp koq kyk bruntus2 kasar mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak, apakah mbak menggunakan skincare selain Wardah secara bersamaan?

      Delete

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan cerdas.