• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Tuesday

Resep Kwetiau Goreng Sapi Spesial ala Anak Kost

Angel Miki


Hi manteman.

Ide bikin kwetiau goreng ini gara-gara pengen banget makan kwetiau warung 'Meidy' deket kampus, yang dulu jadi langganan waktu di bangku kuliah. Rasanya enak namun cara buatnya simpel sekali. Saya sering memperhatikan pedagang kalau lagi masak, mengintip bumbu-bumbu yang mereka pakai. Setelah itu saya catat di memo hp, karena ini sangat bermanfaat buat saya yang hobby memasak.

Kwetiau adalah sejenis mie Tionghoa berwarna putih dan berbentuk pipih, terbuat dari tepung beras. Kwetiau merupakan makanan yang cukup populer di Tanah Air kita, apalagi bagi kaum Tionghoa. Tau sendiri dong, Chinese Food itu rasanya yummy betul. Umumnya disajikan dalam bentuk goreng maupun kuah. Berikut adalah resep kwetiau goreng sapi spesial ala Mikimoow. Resepnya sangat mirip dengan hidangan favorit Tionghoa Indonesia lainnya.


UNTUK 1 PORSI (ala anak kost yaa)

Bahan :
3/4 kwetiau kering
50gr daging sapi
1/2 wortel, iris tipis memanjang
Daun prei atau daun bawang secukupnya
2 bakso sapi, iris tipis
500 ml air untuk merebus kwetiau

Bumbu :
1 siung bawang putih besar, memarkan
3 buah cabe rawit (sesuai selera)
1/2 sdt garam halus (sesuai selera)
merica bubuk secukupnya
1/2 sdm saus tiram
1/2 sdt kecap asin
1 sdt kecap manis
1 sdt kecap ikan
1/2 sdt minyak wijen
1 sdt olive oil/minyak zaitun

Cara memasak :

1. Rebus air sampai mendidih, masukkan kwetiau kering sekitar 3-4 menit. Angkat lalu tiriskan

2. Panaskan olive oil dan minyak wijen, lalu masukkan bawang putih yang sudah dimemarkan. Setelah bau harum, masukkan merica dan daging sapi yang sudah diiris tipis-tipis. Tumis daging hingga berubah warna.

3. Masukkan cabe rawit yang sudah diiris, saus tiram, kecap asin, dan kecap ikan. Tumis sebentar, lalu beri air sekitar 1/2 gelas. Diamkan selama 15-20 menit supaya daging empuk dan bumbu meresap.

4. Setelah air sisa sedikit, masukkan daun bawang, bakso sapi dan wortel yang sudah diiris tipis. Aduk-aduk sebentar dan biarkan 2 menit.

5. Tambahkan penyedap rasa jika suka. Lalu masukkan kwetiau yang sudah direbus dan ditiriskan tadi. Aduk-aduk sampai kwetiau tercampur rata dengan bumbu dan bahan lainnya.

6. Sajikan selagi masih panas. Boleh juga diberi taburan bawang goreng supaya lebih lezat.


Selamat mengeksekusi resep Kwetiau Goreng Sapi Spesial ala Anak Kost :)

Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan cerdas.