• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Thursday

Resep Pedas Pepes Jamur Setan

Angel Miki

Haloo manteman. Ada yang lagi nyari menu atau resep masakan pedas kah? Kebetulan menu ini sering banget aku bikin, apalagi kalau pas lagi ngejalanin diet. Aku sih makan dua bungkus pepes ini (sekali makan) udah ngerasa kenyang. Nah, silakan buat yang mau nyobain resep nya.


Bahan :
▪  1 mangkuk jamur tiram
▪  1/4 mangkuk daun singkong
▪  1 buah tomat merah
▪  1 butir putih telur
▪  1/2 sdt minyak wijen
▪  1/2 sdt olive oil (minyak zaitun)
▪  air untuk merebus daun singkong
▪  daun pisang secukupnya
▪  tusuk gigi sedukupnya

Bumbu Istimewa Pepes Jamur Setan :
▪  3/4 sdm ketumbar butir
▪  1/2 sdt merica butir
▪  1 butir kemiri
▪  3 siung bawang putih
▪  5 siung bawang merah
▪  7 buah cabe rawit merah
▪  2cm jahe
▪  4cm lengkuas
▪  1cm kencur
▪  1cm kunyit
▪  2 lembar daun salam
▪  1 batang serai
▪  1/4 sdt terasi
▪  1/2 sdm garam halus (sesuai selera)
▪  1/4 sdt gula jawa (gula merah)

Cara memasak Pepes Jamur Setan :
1. Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan daun singkong yang sudah dicuci bersih. Proses sekitar 10-15 menit supaya daun singkong benar-benar matang. Angkat, tiriskan. Peras hingga airnya habis, lalu potong-potong.

2. Suwir2 jamur tiram dalam ukuran kecil. Cuci bersih, dan peras jamur agar airnya hilang.

3. Haluskan semua bumbu, kecuali cabe rawit merah.

4. Masukkan minyak wijen dan olive oil ke dalam wajan hingga setengah panas. Kemudian masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis hingga mengeluarkan aroma bumbu istimewa yang khas. Lalu angkat wajan dari kompor. Tunggu sebentar hingga tidak panas.

6. Sambil menunggu bumbu tidak panas lagi, siapkan daun pisang. Panaskan daun pisang diatas api kecil sampai daun sedikit lemas. Tujuannya supaya tidak mudah sobek saat kita membungkus adonan pepes. Jangan lupa, bersihkan kedua sisi daun pisang dengan lap bersih.

7. Masukkan daun singkong, jamur tiram, cabe rawit merah yang sudah diiris kecil-kecil, dan putih telur mentah ke dalam wajan yang berisi bumbu tumisan tadi.

8. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dengan jamur tiram dan daun singkong. Saya mengaduk dengan sendok, karena bumbu dan bahannya lebih mudah menyatu.

9. Bungkus adonan pepes dengan daun pisang. Silakan atur sendiri besar kecilnya bungkusan. Kalau saya, bikinnya ukuran sedang, dibagi menjadi 3 bungkus saja. Kalau dibuat ukuran kecil, adonan tersebut bisa jadi 5-6 bungkus.

10. Masukkan ke dalam dandang. Kukus sekitar 20-25 menit. Angkat.

11. Supaya lebih nikmat dan aromanya istimewa, panggang/bakar pepes. Saya memanggang hingga daunnya sedikit gosong.


Menu diet pepes jamur setan bumbu istimewa siap disantap dengan nasi dingin. Kenapa harus nasi dingin? Supaya tidak bikin gemuk dan tidak bikin perut jadi buncit. Namanya juga menu diet hehe. Bagi yang tidak diet, silakan santap pepes jamur setan dengan nasi hangat. Rasakan pedasnya! Rasakan bumbu istimewanya! Nikmat sekali pokoknya.

Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan cerdas.