• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Thursday

Apa Perbedaan Daging Olahan Dan Daging Non Olahan?

Angel Miki
Banyak orang mungkin tidak tahu perbedaan antara daging olahan dan daging non olahan atau daging segar.

Daging segar hanya memiliki satu bahan saja yaitu daging itu sendiri tanpa adanya campuran. Masa kadaluarsanya pun lebih pendek karena tidak diawetkan.

Daging olahan adalah daging yang telah diawetkan baik dengan pengasapan dan penggaraman/pengasinan, maupun dengan penambahan bahan pengawet kimia. Biasanya terdapat beberapa bahan campuran dan biasanya dikemas untuk jangka panjang masa simpan (masa kadaluarsanya lebih lama).

Daging olahan antara lain termasuk bacon, sosis, hot dog, daging sandwich, ham kemasan, pepperoni, salami dan hampir semua daging merah yang digunakan untuk bahan makanan olahan yang bisa dibekukan. Jenis daging olahan tersebut biasanya diproduksi dengan bahan karsinogenik yang dikenal sebagai natrium nitrit.

Natrium nitrit digunakan oleh perusahaan untuk mengubah warna daging menjadi merah cerah sehingga daging kemasan tersebut terlihat segar. Natrium nitrit menghasilkan pembentukan nitrosamine, yaitu penyebab kanker dalam tubuh manusia.


Daftar Referensi :
http://blog.healthychoicenaturals.com/the-hidden-dangers-of-processed-meats/
http://www.nationalreview.com/the-feed/248644/processed-meats-declared-too-dangerous-human-consumption
Wied Harry Apriadji. 2007. Makanan Enak Untuk Hidup Sehat, Bahagia, Dan Awet Muda. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Hj. Komariah, Surajudin & Dwi Purnomo. 2005. Aneka Olahan Daging Sapi. Jakarta: Agromedia Pustaka
David Servan-Schreiber, M.D., Ph.D. 2009. Anticancer: A New Way of Life (terjemahan Rani S. Ekawati : Hidup Bebas Kanker)

Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan cerdas.