• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Friday

Ini Dia Jenis Penyakit Akibat Konsumsi Daging Olahan

Angel Miki
Daging olahan merupakan makanan enak yang banyak disukai. Tapi perlu diketahui, mengonsumsi 50 gram daging olahan dapat meningkatkan risiko kanker pankreas sebanyak 19%.

The World Cancer Research Fund (WCRF) telah menyelesaikan tinjauan secara rinci lebih dari 7.000 studi klinis yang mencakup keterkaitan kanker dengan kesimpulan :
"Daging olahan terlalu berbahaya untuk dikonsumsi manusia. Konsumen harus berhenti membeli dan memakan semua produk daging olahan selama mereka hidup."
Pada tahun 2005 Universitas Hawaii melakukan studi mengenai ini, dan mereka menemukan bahwa daging olahan meningkatkan resiko kanker pankreas sebanyak 67 persen. Studi lain mengungkapkan bahwa setiap 50 gram daging olahan yang dikonsumsi sehari-hari meningkatkan resiko kanker kolorektal sebesar 50%.

Studi para iluwan dari Karolinska Institute Stockholm, Swedia, menunjukkan, resiko kanker akan lebih besar kemungkinan terjadi pada laki-laki. Pada umumnya laki-laki mengkonsumsi lebih banyak daging per-hari.

Para peneliti di Harvard School of Public Health menemukan bahwa orang yang makan satu porsi 50g daging olahan setiap hari meningkatkan resiko penyakit jantung sebesar 42% dan diabetes sebesar 19%.

Jika kita adalah pecinta daging olahan seperti sosis, ham dan makanan fast food lainnya, dan jika kita mengkonsumsi makanan-makanan itu hingga 150 gram dalam sehari, resiko kanker pankreas akan meningkat sebesar 57 %.


Dokter mengingatkan, kanker pankreas juga dapat disebabkan oleh rokok. Resiko kanker pankreas pada perokok meningkat sebesar 74 persen jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.


Daftar Referensi :
http://blog.healthychoicenaturals.com/the-hidden-dangers-of-processed-meats/
http://www.nationalreview.com/the-feed/248644/processed-meats-declared-too-dangerous-human-consumption
Wied Harry Apriadji. 2007. Makanan Enak Untuk Hidup Sehat, Bahagia, Dan Awet Muda. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Hj. Komariah, Surajudin & Dwi Purnomo. 2005. Aneka Olahan Daging Sapi. Jakarta: Agromedia Pustaka
David Servan-Schreiber, M.D., Ph.D. 2009. Anticancer: A New Way of Life (terjemahan Rani S. Ekawati : Hidup Bebas Kanker)

Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan cerdas.