• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Saturday

Ini Dia, Alternatif Wisata Menarik di Bali

Angel Miki
Saya paling bosan kalau ada teman atau saudara yang datang ke Bali, minta diajak ke Pantai Kuta. Aduh, Bali tak hanya melulu soal Pantai Kuta yang terlalu mainstream. Padahal banyak sekali lho alternatif wisata menarik di Bali jika dibandingkan dengan Pantai Kuta. Mau tau?

Salah satu rekomendasi dari saya adalah Nusa Penida. Pesona keindahannya tak perlu diragukan lagi. Pulau kecil yang berada di tenggara pulau Bali, distrik dari Kabupaten Klungkung - Bali ini banyak dilirik oleh para traveler Indonesia maupun luar negeri. Meskipun kecil, Nusa Penida memberikan kontribusi besar lho bagi pengembangan wisata di daerah Bali. Buat pecinta wisata pantai dan keindahan alam bawah laut, Nusa Penida adalah surganya. Tak heran jika Nusa Penida dinobatkan sebagai salah satu lokasi terbaik untuk scuba diving.

1. CRYSTAL BAY

Jalan-jalan ke Penida baru-baru ini membuat mata saya terbuka lebar bahwa banyak tempat di Indonesia yang sangat keren. Pantai Cristal Bay di Nusa Penida terbilang cukup kecil, namun menyuguhkan pemandangan yang layak untuk dinikmati.

Sebagian besar traveler yang datang ke tempat ini adalah turis mancanegara, mereka melakukan snorkeling atau hanya sekedar mandi di pantai. Karena lokasinya berada di Nusa Penida bagian barat, menikmati sunset di Crystal Bay bisa menjadi pilihan yang cocok.



Spot ini cocok buat yang suka jeprat-jepret ato selfie, karena yang menjadi daya tarik adalah bukit kecil di tengah laut (barangkali bisa disebut pulau), banyak kapal-kapal nelayan yang mengapung disini dengan warna-warninya. Menurut pemilik cafe disini, kapal-kapal tersebut akan mengantarkan kita ke Manta Point untuk diving dengan tarif Rp. 250.000.

2. BROKEN BAY (PASIH UUG)

Keindahan Broken Bay atau Pasih Uug tidak bisa saya ungkapkan dengan banyak kata, yang bisa saya katakan adalah SUPER COOL! KEREN SANGAT!!!


Beruntung jika kalian memiliki mini drone yang bisa digunakan untuk mengambil view gambar dari udara, hasilnya sungguh menakjubkan seperti yang ditemukan di google images. Sayang sekali, saya tidak punya drone, jadi gambar yang bisa saya posting disini hanya seperti itu (gambar diatas) yang dihasilkan oleh kamera saya.

3. ANGEL'S BILLABONG - KAWASAN BERBAHAYA

Tempat ini seperti kolam mati. Airnya sungguh keterlaluan asin. Batu-batu karang Angel's Billabong ini sangat tajam, jadi kalian harus hati-hati yaa.




Well, sebenarnya Angel's Billabong merupakan obyek yang sangat dilarang untuk dikunjungi karena benar-benar berbahaya, ditandai dengan bendera merah yang dipasang di tempat ini. Penduduk setempat bercerita bahwa beberapa minggu sebelum saya kesini, ada beberapa orang yang hilang terbawa arus ombak dan jasadnya baru ditemukan setalah 3 hari kejadian. Jadi, siapkan nyalimu kawan! Disini tidak ada Baywatch atau semacamnya. Kita tidak pernah tahu, kapan ombak besar itu akan memakan korban yang dilihatnya.

4. KARANG DAWA & CAR TEMPLE VIEW POINT





Spot ini cocok sekali untuk kalian yang ingin menikmati sunset dari ketinggian tebing dengan hamparan laut nan luas, dan bukit memanjang di bawah yang sangat keren. Kelingking Beach terkenal di Nusa Penida, namun spot di Car Temple ini masih sepi saat saya kesana.


5. UNKNOWN BEAUTIFUL PLACES

Dan lokasi yang ada di foto bawah ini, jujur saja saya tidak tahu namanya. Tetapi, lokasinya tidak jauh dari Angel's Billabong dan Pasih Uug kok. Foto bersama sapi rasanya seperti foto di luar negeri hehe :)





Foto yang ada sapi itu lokasinya sebelum Pasih Uug. Sedangkan yang lain itu letaknya setelah Angel's Billabong. Kalian bisa eksplore sendiri menyusuri jalanan yang ada.

TIPS TRAVELING KE NUSA PENIDA
Akses menuju tempat-tempat keren di Nusa Penida ini naik turun bukit dan masih bisa dijangkau dengan mobil. Tapi, saran saya sih lebih baik pakai motor saja, karena jalanan tidak terlalu lebar, ada turunan jalanan yang sempit tapi sangat curam, beberapa jalan rusak dan dikelilingi jurang, serta jalanan berbatu yang panjangnya beberapa kilometer. Dan jarak dari tempat yang satu ke tempat selanjutnya benar-benar jauh, pegal sendiri di perjalanan. Tapi mungkin tidak akan pegal-pegal kalau kita pakai motor trail yang lebih support untuk askes jalanan disini.

Selain Nusa Penida, alternatif wisata menarik di Bali lainnya yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Info lengkapnya silakan baca catatan traveling saya lainnya di  personal website saya www.backpackeraddict.com


Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan cerdas.