• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Friday

Terapi Musik : Untuk Orangtua

Angel Miki

sumber foto : insitenewspaper
Memasuki usia senja, seseorang akan mengalami sinyal-sinyal perubahan psikologis maupun biologis. Misalnya masalah ingatan, penglihatan, pendengaran, maupun mental.

Semakin tua umur manusia, akan semakin menurun kondisi kesehatan fisik dan mentalnya. Mereka lebih sering menggunakan metode
pengobatan sebagai cara yang efektif. Metode yang sering menjadi pilihan adalah pengobatan terapi alternatif. Contohnya seperti terapi musik.

Terapi musik sudah dikenal sejak zaman Yunani Kuno. Keberadaannya menjadi sarana untuk memberikan suasana yang nyaman pada pasien penyakit mental. 
"Pengaruh dari musik yang tenang (instrumental, klasik, dll) memberikan ketenangan bagi pasien-pasien yang gempar. Sebaliknya, pengaruh dari musik yang berisik (rock, metal, dll) bermanfaat bagi pasien yang depresif."
Pada beberapa kelompok terapi musik / terapis (orang yang memberikan terapi), ada yang menyajikan dengan tema persahabatan, kesendirian, heroisme, dan sebagainya. Terapi musik dianggap cocok dan tak ada efek samping untuk mengatasi masalah kesehatan mental yang terkait dengan usia. Namun terapi ini harus didampingi orang yang sudah ahli, demi membawa perubahan positif dalam fungsi sosial, fisik, kognitif dan psikologis individual.

Mengapa Terapi Musik?

Sebab dengan kita memilihkan terapi musik untuk orangtua kita, akan banyak manfaatnya yang dapat membantu mereka dalam menjalani hidup. Musik memiliki keterkaitan dengan emosi. Beberapa terapis menggunakan musik sebagai alat untuk membangun/mengolah suasana hati. 

Terapis dan pasien akan memutuskan musik apa yang pasien ingin dengar sesuai suasana hati pasien saat ini. Kemudian secara bertahap bekerja menuju pilihan yang lebih positif. Beberapa manfaat penting bagi orangtua dengan adanya terapi musik untuk orangtua, yakni :
  • Musik efekfif untuk mengasah dan mengembangjan kemampuan musik mereka dan untuk memenuhi kebutuhan rohani. Srhingga meningkatkan perasaan yang nyaman. 
  • Usia tua sering terkait dengan stres, dampaknya seperti hipertensi. Terapi ini membantu untuk mengurangi stres, bisa bersantai dan membangun keterampilan sosial.
  • Terapi musik manjur untuk pengurangi komplikasi jantung dan tekanan psikologis.
  • Kepikunan sering merupakan masalah besar orang tua yang membawa mereka kurang fokus. Oleh karena itu terapi musik dapat membantu dalam meningkatkan fokus dan keselarasan perasaan dan impuls. Selain itu juga membantu dalam meningkatkan konsentrasi mereka. 
  • Terapi musik dapat membantu mengaktifkan sel-sel otak secara efektif. Hal ini juga membantu dalam meremajakan sel-sel memori, efektif memerangi kondisi seperti demensia. 
  • Terapi musik mampu memperbaiki fungsi kekebalan tubuh
  • Semakin tua, maka seseorang cenderung mengalami berbagai macam rasa sakit. Terapi musik membantu dalam mengurangi rasa sakit dan mempercepat siklus pemulihan pada individu tertentu.
Selain manfaat-manfaat yang tertera diatas, secara metode Tomatis, terapi musik ini menekankan pada pelatihan pendengaran. Ketika pendengaran orangtua kita baik, maka kemampuan bicara pun akan membaik pula.

Sayangi orangtua Anda dengan memastikannya memilih seorang terapis profesional untuk pengobatan yang efektif. Dengan kata lain mereka (para terapis) harus memiliki gelar yang sah, dan tentu sudah memiliki banyak pengalaman


daftar referensi :
Campbell, Don. G. 1997. The Mozart Effect. New York : Avon Books
Djohan. 2006. Terapi Musik. Yogyakarta : Galangpress
______ 2009. Psikologi Musik. Yogyakarta : Best Publisher

article by ©angelberta



Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com