• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Wednesday

Membuka Kunci Pintu Rumah Dengan Ponsel

Angel Miki

Lockitron
Saatnya pintu depan rumah anda menggunakan teknologi canggih untuk menguncina. Ya, sebutlah Lockitron. Lockitron merupakan software yang menggunakan Ruby on Rails, jQuery dan jQTouch, dimana aplikasi ini adalah sebagai kunci pintu elektrik.


Semua itu bisa dikontrol lewat ponsel. Lockitron memang cukup menguras isi dompet. Kunci elektrik ini dapat digunakan dimanapun kita berada. 

Tidak hanya bisa membuka Lockitron saja, tapi kita bisa memberikan kode lewat sms untuk teman maupun keluarga. Kita bisa mengatur kode untuk nomer ponsel tertentu dan membatalkannya kapan saja, sehingga aman dari orang-orang yang kurang dikenal. 

Cameron Robertson, adalah salah satu orang yang mengembangkan penemuan ini : Perusahaan telah terpasang 60 Lockitron, melayani lebih dari 400 pengguna yang ingin terus berkembang. Kunci elektrik ini juga menambah kegunaan perangkat-perangkat yang lain pada ponsel. Harganya berkisar mulai dari $ 300 ditambah $ 5/month untuk layanan message. Wow..lumayan mahal bukan?

Sistem Lockitron memiliki nilai jual yang tinggi, yang paling besar adalah tidak ada orang yang bisa masuk dengan sembarangan ketika anda berada di lokasi yang jauh dari rumah. Anda dapat memberikan kode pembuka pintu pada teman atau keluarga dengan jangka waktu yang anda mau, dan anda juga bisa menutup kode tersebut semau anda. 

Sistem kerja Lockitron ini berbasis web. Cameron Robertson mengatakan bahwa pintu utama dapat menangani 20 orang dengan mudah, dan satu pengguna bisa membuka 20 pintu tersebut dengan mudah.
Bagaimana Lockitron berkerja? Kita bisa membuka kunci pintu yang kita kehendaki.




Sebuah router kabel pada pemancar dipasang dengan jarak kira-kira 15 kaki dari pintu. Saat kita menggunakan ponsel untuk mengakses portal web Lockitron, sinyal dikirim lewat router lalu disambungkan ke pemancar yang kemudian menginformasi ke RF yang bekerja pada kunci tersebut. Proses dari awal menekan kode hingga membuka pintu hanya memakan waktu 0,5 – 2 detik. Hardware yang ada pada Lockitron cukup sederhana. Tapi sebenarnya tergantung pada akses internet dan listriknya juga. Karena kedua kriteria ini berpengaruh pada cara kerja, yaitu mengenai cepat atau lambatnya kunci pintu itu akan terbuka.  

Tunggu dulu, dalam hal ini tentu ada beberapa keterbatasan : jika masa batas koneksi internet Anda atau listrik telah habis, pintu harus dibuka dengan kunci tangan. Karena Lockitron menggunakan baterai 4AA baterai. Robertson mengatakan bahwa perangkat tersebut bisa bertahan setidaknya 6 bulan. Namun sebenarnya tergantung pada pemakaiannya, malahan bisa lebih lama dari 6 bulan.

Semakin berkembangnya Lockitron kita dituntut untuk bisa mengakses portal web melalui smartphone atau menggunakan text message dengan baik. Dalam waktu dekat ini Lockitron akan meluncurkan aplikasi asli untuk iPhone dan Android. Seperti dalam video, tag NFC bisa digunakan pada ponsel 6 Nexus

Tag NFC sebenarnya hanya memberitahu telepon supaya menghubungi web portal untuk membuka pintu pintu itu secara otomatis. NFC akan dikeluarkan 3 bulan berikutnya khususnya untuk Nexus 6 dan aplikasi Android, tentunya sudah harus mendukung NFC juga. Jika iPhone mendapatkan NFC, iPhone juga akan menjadi salah satu sasaran teknologi Luckitron.

Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com