• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Friday

Hidup Sehat, Tak Ada Yang Mahal

Angel Miki
Semua orang pasti ingin sehat. Tidak ada yang meminta untuk sakit. Dalam doa pasti meminta kesehatan. Namun, tidak banyak manusia yang benar-benar menilai arti penting kesehatan. Mulai dari kesehatan makanan, pola hidup, maupun kesehatan pikiran.

 Kesehatan itulah yang membantu kita untuk mengurangi bahkan mencegah resiko penyakit. Lalu, bagaimana dengan penyakit keturunan?? Itu lain cerita. Karena dalam artikel ini, pembahasan saya adalah diluar konteks penyakit keturunan.

Apa saja langkah menuju hidup sehat?

1.  Mandi
Bangun pagi, jangan langsung makan. Itu menunjukkan orang yang jorok. Tetapi MANDI. Apakah mandi itu wajib? Untuk orang normal, mandi itu wajib (berbeda dengan orang gila). Setidaknya 2 kali dalam sehari. Gosok gigi yang bersih, pakai sabun, gosok kulit agar daki-daki yang menempel pada kulit bisa rontok (ini yang kadang terlupakan). Mandi dapat menghilangkan bau badan. Bagi yang memiliki frekuensi bau badan tinggi, gunakan saja deodorant. Selain itu, mandi bisa membantu mengurangi resiko penyakit kulit.

2.  Konsumsi makanan sehat
Apa kriteria makanan sehat? Seperti yang diajarkan di TK waktu kita kecil, makan 4 sehat 5 sempurna. Meski sepele, tapi jangan diremehkan. Mulailah dengan makan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin. Contoh utamanya adalah nasi, sayur, lauk pauk, buah-buahan, susu. Hindari kolestrol, itu hanya akan meningkatkan penyakit. Minum air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi, selain itu untuk membantu membuang racun pada tubuh. Makanan akan menjadi sehat apabila diolah dan dikonsumsi dengan cara yang tepat dan higienis.

3.  Kurangi jajan atau hindari jajan
Lapar dalam perjalanan? Haus dalam perjalanan? Pasti ending-nya mampir ke warung makan terdekat untuk makan / minum. Atau, pengen makanan junk food?? Maka berhati-hatilah! Anda tidak pernah tahu bagaimana mereka (para cooker) mengolah makanan yang disajikan untuk para pembelinya. Belum tentu 100% higienis. Kita juga tidak tahu, apakah makanan yang kita makan itu mengandung bahan kimia berbahaya, atau bahan makanan yang sudah tidak layak untuk disajikan tetapi tetap mereka sajikan dengan berbagai cara agar makanan tersebut layak dimata pembeli. Sekalipun restoran terkenal dan lingkungannya bersih, tetap waspada sejak dini. Semua itu belum tentu higienis dan baik untuk kesehatan

4.  Olahraga
Bila anda termasuk pribadi yang malas berolahraga seperti lari, fitness, aerobik atau sejenis olahraga berat lainnya, anda tidak perlu khawatir. Lakukan saja olahraga ringan setiap hari sejenis ngepel lantai ataupu bersih-bersih rumah, setidaknya ada keringat yang dikeluarkan. Semisal anda ingin pergi ke kios/warung yang jaraknya cukup dekat, silakan naik sepeda atau bahkan jalan kaki. Yang perlu anda ingat, bahwa olahraga itu penting untuk kesehatan. Mencegah sakit sendi, mengurangi kadar garam yang berlebihan dalam tubuh, menjaga ketahanan tubuh, dll.

5.  Lebih Banyak Konsumsi Buah dan Sayur juga penting
Benar sekali. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang berfungsi untuk menjaga ketahanan tubuh, sehingga frekuensi untuk terserang penyakit lebih kecil. Untuk sayur, usahakan tidak dimasak terlalu matang karena akan mengurangi zat-zat penting bagi tubuh kita.

6.  No Smoking, No Alchohol
Racun yang dimaksud disini adalah rokok, alkohol, dan beberapa makanan/minuman yang mengandung kafein dalam jumlah yang banyak. Dan bagi anda yang tidak mengkonsumsi racun, tetap pertahankan. Jangan pernah memiliki keinginan untuk mencoba/mencicipi. Iya kalau tidak kecanduan, kalau kecanduan akan sulit untukberhenti

7.  Begadang memicu ketidaksehatan
Bagi yang suka begadang, mulai sekarang hindari saja. Apalagi kalau anda suka nongkrong dan berada di alam terbuka. Mengapa?? Karena angin malam sangat bahaya untuk kesehatan tubuh kita, khususnya untuk paru-paru dan penyakit gangguan pernafasan lainnya.

8.  Hindari stress
Setidaknya anda perlu melakukan refreshing. Pergi piknik, nonton bioskop, atau hanya sekedar jalan ke mall. Lakukan hal-hal yang membuat anda bahagia, dan bebas dari stress.

Paparan diatas hanyalah beberapa contoh yang saya ambil garis besarnya. Tentu masih banyak sekali langkah-langkah untuk menuju hidup sehat secara mendetail, yang bisa anda peroleh dari media lainnya.


...Ciptakan hidup sehat karena sehat tak ada yang mahal...


Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com