• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Monday

Benarkah Anjing Bisa Bermimpi?

Angel Miki

sumber foto: imageof.net
Ya, benar. Mimpi tidak hanya terjadi pada manusia, hewan pun demikian. Jika kita adalah pemilik hewan peliharaan tersebut, barangkali pernah melihat anjing tidur dengan gerakan kaki/tangan yang terkesan ingin mencakar.

Seorang profesor psikologi di University of British Columbia yang juga seorang penulis buku "The Intelligence of Dogs", bernama Stanley Coren, mengatakan bahwa anjing memiliki tahapan tidur sama seperti yang dilakukan manusia, hanya saja tahapan yang ada pada anjing berbeda alias lebih cepat.

Setelah sekitar 20 menit, seekor anjing masuk ke dalam tahap REM (Rapid Eye Movement) Sleep. REM Sleep adalah tahap dimana mimpi paling jelas terjadi. Layaknya manusia, selama anjing berada dalam tahap tidur REM, mereka menunjukkan bukti aktivitas mental yang tinggi. 

Mungkin pada saat anjing tidur, mereka menggerakkan kaki seolah-olah sedang berjalan, atau mungkin merengek atau merintih seakan bersemangat, dan mungkin napas cepat atau menahan nafas mereka sesaat. Ketika tahap tidur REM dicapai, anjing berada pada suasana paling santai dan paling sulit untuk dibangunkan.


Tujuan dari mimpi tetap menjadi misteri, tetapi bayi (dari semua spesies) bermimpi lebih sering dibanding dengan si dewasa. Hal ini mungkin karena stimulasi sensorik membantu koneksi bentuk saraf baru.

Anjing dewasa menghabiskan sekitar 10% sampai 12% dari waktu tidur mereka dalam tahap REM. Anak anjing menghabiskan proporsi yang jauh lebih besar dari waktu tidur mereka dalam tahap REM.


sumber referensi:
Kryger M, Roth T, Dement W. 2000. Principles & Practices of Sleep Medicine. Philadelphia : WB Saunders Company 
http://www.petplace.com/dogs/do-dogs-dream/page1.aspx

Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com