• SELAMAT DATANG DI BLOG MIKIMOOW

Sunday

Pria Dan Hipertensi

Angel Miki
sumber foto : regenerativemedicinegroup.com

Banyak orang yang memiliki pemahaman bahwa hipertensi adalah penyakit yang menyerang orang tua. Namun para ahli mengatakan bahwa sekarang anak muda lebih banyak yang didiagnosis dengan hipertensi.

Jika Anda berada di bawah 35 tahun, lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk memastikan tekanan darah Anda.

Hipertensi atau darah tinggi adalah
peningkatan tekanan sistole yang tingginya tergantung umur individu yang terkena. Pada umumnya, hipertensi lebih tinggi terjadi pada pria daripada wanita.

Semakin meningkatnya usia, semakin menigkat pula insidens hipertensi. Ditinjau dari segi ras, pria berkulit hitam 2 kali lipat lebih berpeluang terserang hipertensi daripada pria berkulit putih

Selain hal yang tersebut diatas, kehidupan maupun pekerjaan yang penuh dengan stress memiliki hubungan hipertensi lebih tinggi. Obesitas dipandang sebagai faktor resiko utama. Sedangkan merokok dipandang sebagai faktor resiko tinggi bagi hipertensi dan penyakit arteri koroner.

Anggapan bahwa penyakit hipertensi hanya terjadi pada orang tua tidak selamanya dibenarkan. Para ahli mengatakan bahwa banyak anak muda yang mengabaikan atau tidak percaya bahwa mereka memiliki hipertensi. Terlambat menyadari keberadaan hipertensi, bisa menyebabkan gejala tetapi dapat juga sebabkan kerusakan besar pada tubuh. Pleh karena itulah, hipertensi dikenal sebagai silent killer.

Apabila hipertensi/tekanan darah tinggi tidak diobati, bisa merusak jantung dan organ-organ lain dan dapat menyebabkan masalah serius seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

PERLU DIINGAT!!
Tekanan darah tinggi pada pria muda cenderung mudah dikendalikan dengan lebih baik dalam hal mengatur berat badan dan perubahan gaya hidup yang lain. Perawatan yang tepat bagi penderita tekanan darah tinggi, dapat menurunkan risiko komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, dan memperpanjang hidup.



daftar referensi :
Permadi, Adi. Ramuan Herbal Penumpas Hipertensi. Bandung : Pustaka Sunda
Tambayong, Dr. Jan. 1999. Patofisiologi Untuk Keperawatan. Jakarta : Buku Kedokteran EGC
article by ©angelberta

Angel Miki / Author & Owner

Adalah pemilik dan penulis semua konten di blog ini. Mencintai hidup sebagai hadiah, bukan sebagai pilihan. Sangat berantusias di bidang blogging, masak-memasak, backpacking, filmmaking, dan digital media. Hidup sehat bahagia bersama, bersama menuju hidup yang berkualitas! Baca juga personal Travel Blog Angel Miki di www.backpackeraddict.com